Tips Cara Memilih Sepatu Lari


Sepatu adalah perlengkapang yang paling penting dalam berolahraga balik lari ataupun jogging akhir-akhir ini sepatu Skechers original banyak dicari orang-orang, diluar Adidas Asics dan Nike karena sekechers juga tidak akalah mempunyai kualitas yang baik dan juga beragam produk dan keunggulan nya. Semakina variatif nya sepatu lari bisa membuat anda bingung saat memilih. Kali ini aakan ada beberapa tips memilih epatu lari yang masih pemula dan bingung.

Bagian yang terpenting dalam memilih sepatu lari adalah memeriksa ukurannya. Jadi pilihlah sepatu dnegan ukuran yang muat dan juga nyaman dengan kaki Kamu.  Jika Anda membeli sepatu lari yang pas dnegan ukuran kaki Anda, kemungkinana tumit atau ibu jari kamu akan menyentuh separtu. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat berlari. Untuk patokanya, ukuran yang tepat untuk sepatu lari adalah ukuran kaki kamu ditambah satu ibu jari tangan bisa masuk ke bagian dalam sepatu, Sepatu yang kekecilan atau terlalu sempit bisa membuat kaki Kamu sakit. Di sisi lain, jika terlalu besar pastinya akan longgar ketika berlali sehingga rawan terlepas ataupun membuat lari Ada tidak maksimal.

  • Hati-Hati dalam memilih uuran karena tiap produsen memiliki ukuran yang berbeda

Anda perlu berhati-hatu saat memilih ukuran sepatu dikarenakan karakteristik dan ukuran kaki orang pastinya berbeda-beda. Meskipun tulisannya sama antara produsen lokal dan produsen luar negri, belum tentu ukuran aslinya sama. Hal ini dikarenakan standar kaki orang di setiap negara berbeda. Bisa saja ukurannya kekecilan atau terlalu besar untuk Kamu, Jadi harus teliti untuk memilih ya.

  • Perhatikan Ukuran lingkar kaki, cocokan dengan table ukuran nya 

Saat memilih sepatu untuk lari, salah satu ukruan yang harus kamu perhatikan adalah ukuran lingkar kaki. Lingkar kaki diukur dari bagian ibu jari kaki yang paling besar, lalu ke bagaian luar kelingking yang paling meninjol, sampai akhirnya melingkar ke bawah telapak kaki Kamu.Ukuran tiap sepatu berbeda dan tergantung jenis sepatu larinya. Oleh karena itum sebaiknya Kamu memilih sepatu dengan ukuran lingkar kaiki yang sesuai dengan kaki Kamu. Sebainya anda mencocokan ukuran lingkar kai Kamu dengan tabel ukuran lingkar kaki yang biasanya tersedia di toko.

Jangan lupa untuk memeriksa detail sepatu melalui contoh yang dipajang di toko. Sebelum membeli, jika memungkinkan pakailah dulu sepatu tersebut dan periksa detil produknya termasuk nyaman atau tidaknua saat Kamu pakai.

  • Rasakan kenyamanan sepatu tersebut saat menopang tumit 

Saat kamu mengenakan sepatu yanh kamu sukai, coba rasakan apakah bagian tumiy Anda tertopang dnegan baik oleh sepatu tersebut, Jika sepatu tersebut bisa menipang bagian tumit dengan baik bagian pergelangan kaki Kamu akan menjadi lebih stabil, Pilih sepatu yang mampu menopang tumit, Kamu dengan kuat dan Nyman jika Kamu ingin berlari dan tidak mudah cedera.

  • Perhatikan Juga Waktu Saat Kamu mencoba sepatu

Ukuran kai Kamu sejatinya memang tidak berubah-ubah, namun yterkadang aktivitas uang Kamu lakukan seharian menyebabkan kaki Kamu sedikit membengkak pada sore hari. Akibatnya ukuran kaki Anda sedikit berbeda antara pagi dan sore hari. Misalnya pada pagi hari saat Kamu mengukur kaki, hasilnya 26 cm, tetapi ketika sore hari menjadi 27 cm. Hubungannya dnegan memilih sepatu lari adalah kamu harus menyesuaikan dengan waktu Anda biasnaya memakai sepatu ini, Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakannya untuk marathon di pagi hari, ada baiknya mengukur kaki dan sepatu yang ingin kamu pilih pada pagi hari.

  • Jika Anda mementingka keseimbangan dan stabilitasnya, lihat sepatu dari atas.

Jika kamu ingin menilai sepatu berdasarkan keseimbangan dan stabilitasnya, kenakanlah sepatu tersebut, lalu kamu lihat dari atas. Bagian sepatu yang lebih lebar daripada bagian atas sepatu (upper) menandakan sepatu tersebut memiliki kestabilan yang bagus kaena fondasinya kuat. Sementara, jika sol sepatunya tidak melebar atau malah menekan ke atas sedikit, hal itu menandakan sepatu tersebut agak kaku.


  • Mempertimbangkan juga ketebalan kaos kaki yang kamu kenakan

Saat kamu sedang mencoba sepatu lari yang ingin kamu beli, sebaiknya kamu coba bersama kaos kaki yang biasanya dipakai untuk berlari. Ketebalan koas kaki juga menentukan sempit tidaknya sepatu tersebut untuk kaki Kamu. Jkia kamu ingin membeli kaos kaki baru ada baikmnua memilih kaos kaki yang seragam atau sepaket dengan sepatu yang ingin kamu Beli. Karena, berbeda rodusen berbeda pula karakteristik dan juga ukuran ketebalan kaos kakinya sebingga terkadang tidak pas dnegan sepatu yang Kamu pilih. Kami sarankan Jika kamu memilih lari dan kaos kaki yang seragam supaya tetap nyaman.

Memilih bobot sepatu dan jenis sol sesuai dengan kemampuan lari kamu


Pelari pemula dan pelari professional tentunya memiliki jenis speatu yang brbeda terutama di bagian bobot dan jenis sol sepatunya. Perhatikan perbedaannya!


  • Untuk pelari pemula, ada baknuya menggunakan sepatu lari berbobot 250-280 gram dnegan bantalan sol yang empuk. Bantalan sol yang tebal membuat sepatu empuk saat dipakai sehinggak kai Kamu lebih nyaman dan tidak mudah sakit pada saat berlari. Berbagai sumber mengatakan sepatu lari dengan bobot yang ringan lebih baik ketimbang yang berat. Hal tersebut dikarenakan bobot sepatu merupakan hal esensi yang harus dijadikan pertimbangan untuk pelari newbie. Bobot sepatu sendiri akan berbeda tergantung ketebalan material dari sol. Namun, tentunya sol yang tebal akan lebih baik bagi pelari pemula karena terasa lebih empuk. Kadang didalam sepatu ada material tambahan yang mempunyai nama Shank, fungsinya untuk meningkatkan kestabilan separu, Jadi, meskipun bobot sepatu akan bertambah, bagi Kamu yang mengutamakan kestabilan saat pemakaian sepatu sebaiknya memilih sepatu yang terdapat shank di dalamnya. 


  • Untuk pelari tingkat menengan sampai professional, memilih sepatu berbantalan sol yang lebih ringan, Jika Anda merupakan pelari tingkat menengah atau sudah professional, tentu Kamu sudah terbiasa dengan olahraga lari, Sebaiknya Kamu memilih sepatu dengan banyalan sol yang lebih ringan membuat sepatunya juga lebih ringan sehingga gerakan kamu bisa lebih cepat. Kini beebrapa produsen sepatu telah mengeluarkan produk sepat dengan sol yang tipis dan ringanm tetapi tetap bisa menjaga keempukannya dan tahan lama. 


Pilih sepatu lari berdasarkan ciri khas masing-masing merek


Disaat kamu memilih sepatu lari, tentunya kamu bisa memilih berdasarkan fitur-fitur yang ditawarkan tiap merek, seperti skechers, Adidas, asics dan Niker, Pelajarilah fitur yang dimiliki setipa merek, kemudian pilihlah yang terbaik untuk Kamu. Namun, jamu harus berhati-hati sebab ukuran sepatu buatan luar negeri bisa berbeda dengan ukuran kaki orang Indonesia yang cenderung besar.

Kesimpulan nya adalah pilihlah sepatu lari Kamu sebaik mungkin, sesuaikan dengan gaya lari, budget, dan kenyamanan kaki Kamu saat memakainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Memilih Sepatu Lari "

Posting Komentar