Gejala Sinusitis yang Bisa Terjadi pada Anak-Anak



Sinusitis adalah penyakit yang bisa dialami semua usia termasuk anak-anak. Penyakit ini akan mengganggu pernapasan dalam beberapa waktu dan bisa kambuh kembali. Berikut gejala sinusitis yang bisa terjadi pada anak-anak sesuai dengan jenis sinusitisnya.

1.      Sinusitis Akut atau Pendek
Ada yang namanya sinusitis akut atau jangka pendek. Anak-anak yang mengalami sinusitis akut gejala infeksinya akan berlangsung kurang dari 12 minggu. Gejala ini akan semakin terlihat di hari ke tujuh dan semakin parah sampai hari ke sepuluh. Proses menghilang atau meredanya gejala dengan memberikan perawatan yang tepat kepada anak-anak Anda.

Sinusitis ini yang paling banyak terjadi pada anak-anak. Sekilas gejalanya seperti flu biasa yang disertai dengan batuk dan hidung tersumbat. Perbedaannya flu yang dialami beserta dengan demam. Warna ingus atau cairan hidung yang keluar kehijauan. Anda bisa dengan mudah mengetahui hal ini terjadi pada anak-anak.

2.      Sinusitis Kronis
Gejala yang akan dialami pada sinusitis kronis ini anak akan demam, batuk, dan flu secara bersamaan. Proses berlangsungnya gejalanya akan lebih lama bisa sampai tiga bulan. Anak-anak Anda akan merasakan adanya nyeri di bagian kepala yang membuatnya merasa tidak nyaman dan tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari atau pun saat tidur siang.

Saat anak mengalami gejala ini akan adanya penebalan lapisan sinus. Selain itu akan timbul jaringan yang menghambat dan menghalangi atau disebut polip. Anda harus sangat cermat dan hati-hati sekali jika anak-anak sudah mengalami gejala ini. Jangan dianggap remeh karena dalam jangka panjang penyakit ini akan semakin parah dan memperburuk kondisi tubuh.

3.      Sinusitis Akut Kambuhan
Sinusitis juga ada yang gejalanya sering kambuh. Jadi tidak bisa sembuh dan kapan saja bisa kambuh hingga berulang kali. Jika sedang kambuh maka akan berlangsung selama lebih kurang sepuluh hari. Di mana gejala awalnya anak akan mengalami hidung yang tersumbat.

Batuk dan juga flu yang tidak sembuh-sembuh. Anak juga akan merengek adanya rasa nyeri di bagian pipinya. Sekilas Anda akan melihat pipi anak membengkak, begitu juga dengan bagian matanya. Bau mulut pada anak pun menjadi tidak sedap saat sinusitis ini kambuh.

Anda akan kesusahan karena pada sinusitis ini gejalanya anak akan menjadi rewel atau susah untuk makan karena tidak nafsu. Alhasil anak menjadi lemas dan tidak bertenaga. Bahkan pada sebagian anak-anak akan mengalami pusing dan muntah-muntah beberapa hari selama gejala kambuh.

Saat Anda melihat anak-anak mengalami gejala sinusitis segera atasi dengan memberikan anak banyak air putih. Anda harus mengontrolnya dengan pasti agar anak tidak mengalami dehidrasi. Kompres air hangat juga solusi untuk hidung anak yang tersumbat. Selain itu pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak kecapekan selama di sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala Sinusitis yang Bisa Terjadi pada Anak-Anak"

Posting Komentar