Yuk Pahami Pengertian Infeksi Kandung Kemih



Sumber: plus.kapanlagi.com

Pengertian infeksi kandung kemih merupakan peradangan atau infeksi yang memang terjadi pada area vesica urinaria atau kandung kemih. Umumnya memang disebabkan oleh bakteri dan akan menjadi lebih parah lagi saat bakteri tersebut sudah naik menuju ginjal. Yang paling sering mengalami infeksi untuk kandung kemih ini adalah wanita dibandingkan dengan laki-laki. Penyebabnya adalah saluran uretra pada wanita lebih pendek daripada laki-laki dan lubang dari uretra berada dekat dengan anus.

Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi wanita hingga akhirnya mengalami infeksi kandung kemih ialah memakai alat kontrasepsi pada diafragma, sedang mengandung atau hamil, kondisi seksual yang aktif, dan saat-saat berada di dalam masa menopause. Berbeda halnya dengan laki-laki yang bisa terkena infeksi kandung kemih, faktor yang membuatnya mengalami infeksi ini ialah penyumbatan pada saluran kemih yang diakibatkan oleh pembesaran bagian prostat atau tumor. Bisa juga karena infeksi oada prostat, serta melakukan seks anal yang tidak disertai dengan pelindung.

Gejala

Setelah mengetahui pengertian infeksi kandung kemih, kamu juga harus mengetahui gejala yang akan dialami oleh orang yang mengalami infeksi ini. Gejala-gejala pada orang dewasa dan anak-anak memang sedikit memiliki perbedaan. Untuk orang dewasa, gejala yang dirasakan antara lain merasakan nyeri atau terbakar ketika sedang buang air kecil. Pengidap akan merasakan demam dan tubuhnya akan merasa lebih lemah daripada sebelumnya. Keinginan untuk buang air kecil lebih sering tetapi urine yang keluar hanyalah sedikit.

Gejala lain untuk orang dewasa ketika buang air kecil akan disertai darah pada urine yang keluar. Cairan urine yang keluar pun memiliki warna yang lebih gelap dan pekat serta memiliki aroma yang lebih kuat. Pengidap juga akan merasakan nyeri pada bagian bawah perut atau punggung.

Jika tadi disebutkan gejala infeksi kandung kemih pada orang dewasa, saat ini akan dijelaskan gejala yang akan dialami oleh anak-anak ketika mereka mengalami infeksi kandung kemih. Gejala paling sering dan umum terjadi adalah anak-anak yang sering mengompol, tetapi tidak disengaja ketika waktu masih siang.

Tidak hanya itu, gejala yang terjadi pada anak-anak antara lain merasa lemas pada tubuh atau ceoat lelah. Anak akan lebih mudah marah, nafsu untuk makan yang semakin menurun, muntah-muntah, serta merasakan kesakitan ketika buang air kecil.

Penyebab

Setelah pengertian infeksi kandung kemih dan gejala, kita akan membahas penyebab dari infeksi ini terjadi. Pada umumnya, infeksi kandung kemih akan terjadi karena bakteri yang berasal dari luar tubuh manusia, masuk ke dalam saluran kemih. Masuknya bakteri ini bisa melalui uretra kemudian akan berkembang biak pada kandung kemih.

Ketika seseorang menyisakan urine di dalam kandung kemih ketika buang air kecil, bakteri dapat masuk ke dalam kandung kemih dan berkembang biak di dalamnya. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh saluran kandung kemih yang memiliki hambatan seperti tumor dan bisa pula pembengkakan pada prostat pada laki-laki. Sedangkan pada wanita yang sedang mengandung juga bisa mengalami ini karena adanya tekanan di dalam rongga panggul juga kandung kemih.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis apakah pasien mengidap infeksi saluran kandung kemih, ada beberapa tes yang bisa dilakukan oleh pasien. Di antaranya tes kertas dipstick, tes sampel urine, sistoskopi, dan pemindaian. Maka dari itu, ketika kamu mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, kamu langsung periksa dan konsultasi ke dokter.

Itulah ulasan mengenai pengertian infeksi kandung kemih yang bisa kamu pahami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Pahami Pengertian Infeksi Kandung Kemih"

Posting Komentar