Tidak Sulit, Ini 5 Cara Efektif Membuat Catatan Keuangan

Apakah selama ini mencatat keuangan sudah menjadi satu kebiasaan rutin yang sudah Anda lakukan? Jika sudah maka tujuan finansial Anda akan segera tercapai. Meski kebiasaan yang satu ini memiliki banyak manfaat kebanyakan orang masih kesulitan saat melakukannya. Tak selalu sulit, ini dia beberapa cara efektif membuat catatan keuangan yang bisa Anda coba.

1.      Catat Keuangan Sesegera Mungkin

Ada baiknya untuk segera mencatat semua pengeluaran yang Anda lakukan. Baik itu kebutuhan sehari-hari ataupun hanya sekadar membeli jajan atau pulsa. Jangan pernah lupa untuk mencatat dari mana uang tersebut dikeluarkan. Apakah dari dompet, kartu kredit atau kartu debit?

Sebagian banyak orang sering kali menunda untuk mencatat apa saja pengeluaran yang sudah dilakukan hingga akhirnya lupa, bahkan tidak sampai tercacat. Hal inilah yang bisa saja menjadi lubang tersembunyi dan membuat pengeluaran menjadi membengkak di luar dugaan. Untuk itu segera tulis pengeluaran yang Anda lakukan dengan jelas dan terperinci.

2.      Buat Anggaran Keuangan

Meski terdengar klise, namun tanpa disadari membuat anggaran keuangan merupakan salah satu cara agar keuangan Anda menjadi semakin efektif. Poin ini sebaiknya dilakukan sebelum Anda membuat catatan pengeluaran. Jika sudah memiliki anggaran, maka Anda akan lebih mudah saat mengontrol pengeluaran.

3.      Gunakan Aplikasi Pencatat Keuangan

Di era digital seperti sekarang ini, Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk membantu membuat catatan keuangan. Kini sudah ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store. Anda bisa memiliki salah satu aplikasi yang tersedia di sana. Jalan lupa pilih aplikasi yang mudah dijalankan.

Berkat aplikasi tersebut Anda tak perlu lagi membawa catatan saat bepergian. Hanya dengan memanfaatkan smartphone yang dimiliki, Anda sudah bisa mencatat semua pengeluaran yang dilakukan setiap harinya. Jadi pengeluaran yang dilakukan bisa langsung dicatat tanpa harus menunggu sampai di rumah.

4.      Review Catatan Keuangan Setiap Hari

Jika sudah rutin melakukan pencatatan, pastikan Anda juga rutin melakukan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah laporan keuangan yang dibuat sudah sesuai atau belum. Tak hanya itu, Anda juga perlu membandingkan dengan anggaran pengeluaran bulan sebelumnya. Jangan lupa ingat kembali apakah ada pengeluaran yang belum tercatat.

5.      Jadikan Kebiasaan Mencatat Keuangan sebagai Kebutuhan

Hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan agar proses pencatatan keuangan menjadi lebih efektif adalah dengan menanamkan anggapan jika mencatat keuangan merupakan sebuah kebutuhan. Anggapan yang satu ini cukup penting untuk ditanamkan dalam benak dan pikiran.

Mengapa demikian? Sebab kebiasaan mencatat keuangan masih dianggap sebagai hal yang tidak penting atau bukan sebuah kebiasaan. Jadi ketika harus melakukannya Anda jadi merasa terpaksa dan terbebani hingga akhirnya malas untuk melakukannya. Hal inilah yang akhirnya akan membuat proses pencatatan keuangan menjadi kurang efektif, bahkan sisa-sia saja.

Namun jika pola pikir dalam diri Anda sudah berubah dan menyadari seberapa pentingnya kebiasaan mencatat keuangan, maka tak akan ada rasa terpaksa dan akan dilakukan dengan sendirinya. Ketika Anda sudah menyadarinya maka kebiasaan mencatat keuangan menjadi sangat penting demi menjaga kondisi keuangan pribadi tetap stabil dan terkendali.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat catatan keuangan yang efektif. Untuk memudahkannya Anda juga bisa menggunakan aplikasi Bukuwarung dengan fitur yang lengkap dan mudah dijalankan. Tak hanya itu saja, penting juga untuk mulai membangun pola pikir jika mencatat keuangan merupakan hal yang penting sehingga tidak membebani diri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tidak Sulit, Ini 5 Cara Efektif Membuat Catatan Keuangan"

Posting Komentar